Thursday, August 4, 2016

Ilmu Berharga di Tahap Ignition


 
Sebagai bentuk rasa syukur atas kesempatan menjadi salah satu peserta 1000 Startup Digital, saya akan berbagi ilmu yang diperoleh dari tahap ignition. Selamat membaca :)

Ignition merupakan tahap pertama yang harus dilalui para peserta 1000 Startup Digital. Pada tahap ini, para peserta diminta mengikuti rangkaian seminar yang berisi pengetahuan dasar yang perlu dipahami para calon founder dan co-founder startup. Sesi pertama seminar membahas tema “Don’t Start a Business, Solve a Problem”. Pada sesi ini para pembicara menceritakan latar belakang pendirian startup yang berawal dari masalah yang mereka temui. Kak Alamanda, perwakilan Gojek, menuturkan bahwa pendirian Gofood berawal dari masalah yang dialaminya ketika kesulitan mencari makanan di suatu daerah baru. Pola yang sama juga berlaku pada pak Leontinus saat mendirikan Tokopedia. Suatu startup yang memposisikan diri sebagai solusi suatu masalah diyakini memiliki ketangguhan untuk bertahan lebih lama karena secara tidak langsung founder telah memvalidasi ketersediaan potensi pasar untuk menerima produk startup yang akan didirikan. Lebih lanjut, para pembicara juga menyatakan kebahagiaan tambahan yang dirasakan apabila karya yang dilakukan bisa membantu orang lain. #SemangatBerbagi

Sesi kedua membahas tema “Building The Startup Mindset” yang perlu dimiliki. Kesimpulan yang bisa ditarik adalah startup mindset perlu dibangun sedari dini agar tangguh dalam menghadapi tantangan yang akan dihadapi. Mindset yang perlu dibangun antara lain:
-           Tekad yang Kuat
-  Asah Kemampuan 4C (Creativity, Critical Thinking, Collaboration dan      Communication)
Kemampuan 4C adalah creativity, critical thinking, collaboration dan communication.
-          Temukan Co-Founder Ideal
Pencarian co-founder diibaratkan layaknya mencari pasangan hidup untuk menikah sehingga perlu dilakukan secara hati-hati. Tips mencari co-founder yang tepat setidaknya memenuhi faktor antara lain memiliki:
a)      Kesamaan niat (visi)
b)      hubungan chemistry yang menyenangkan
c)       kemampuan yang saling melengkapi kekurangan masing- masing

Sesi ketiga membahas tema “Collaborate to Create Innovation”. Di dalam sesi ini dibahas peranan penting kolaborasi bahkan sejak masa pendirian startup. Formula dasar pendirian startup berasal dari kolaborasi 3 pihak yaitu Hacker (developer); Hustler (ahli pemasaran dan manajemen bisnis) dan Hipster (desainer). Semakin besar suatu startup, maka semakin banyak pihak yang perlu diajak berkolaborasi. Tips tambahan dari kak Leo, CEO Redblood, saat akan berkolaborasi adalah jangan meminta bantuan tetapi tawarkanlah solusi untuk mencapai tujuan yang sama.

Sesi keempat membahas tema “Coworking Space and The Future of Working”. Sesi ini membahas peranan coworking space dalam menawarkan ekosistem startup. Selain sebagai tempat bekerja, coworking space juga bisa tempat bersosialisasi dengan para pelaku startup. Semakin besar networking yang dimiliki, semakin besar peluang- peluang di luar sana yang bisa diambil seperti peluang belajar dari para senior startup atau peluang kolaborasi proyek.

              Sesi terakhir membahas tema “Flourishing the Next Generation of Global Startup Founder” yang menceritakan kisah sukses para startup Indonesia yang telah berekspansi ke luar negeri. Terdapat 2 syarat utama bagi suatu startup agar sukses berekspansi ke luar negeri. Pertama adalah siap memperkenalkan startup yang dimiliki melalui perlombaan di kancah internasional. Kedua adalah kesamaan masalah di negara lain. Sebagai contoh I-Grow mendapat tawaran ekspansi ke Jepang karena pemberitaan dari media luar atas kemenangannya di salah satu lomba internasional dan kesamaan masalah yang dihadapi. Jepang dan I-Grow sama- sama memiliki tujuan untuk menyelesaikan masalah dalam mempertemukan lahan tak terpakai, petani dan modal untuk memenuhi kebutuhan pangan, sehingga mereka dapat berkolaborasi.

Akhir kata, semoga informasi di atas bisa membantu teman- teman untuk mendapatkan pengetahuan dasar sebelum mendirikan suatu startup. Selamat mengibarkan kejayaan merah- putih melalui kontribusi startup sebagai solusi permasalahan Indonesia ya, Sahabat!!

No comments:

Post a Comment