Monday, August 29, 2016

Berprestasi Selagi Muda, Kenapa Tidak??






              “Berhentilah bermain- main dengan hobimu. Lebih baik kamu belajar saja yang rajin di sekolah agar bisa sukses jadi dokter atau dapat gaji besar di masa depan”. Apakah kalian familiar dengan bunyi pesan tersebut? Jika iya,  berarti kita memiliki tipikal orang tua yang sama. Kebanyakan orang tua jaman dahulu masih banyak yang menganut paham bahwa kesuksesan (1) sangat dipengaruhi oleh prestasi di sekolah dan (2) baru bisa diperoleh setelah lulus sekolah. Sehingga nasihat untuk terus belajar dan belajar sering diserukan oleh beliau. Tapi benarkah kesuksesan baru bisa diperoleh ketika dewasa? Dan benarkah kesuksesan hanya bisa dimiliki oleh anak- anak berprestasi yang memiliki ranking tinggi atau memenangkan lomba dimana- mana?

Mitos 1: Kesuksesan sangat Dipengaruhi oleh Prestasi di Sekolah
Paham tersebut tidak sepenuhnya salah. Jika kalian ingin berkarir di dunia kerja, paham ini bisa berlaku. Tanpa prestasi yang baik tentu sulit bagi seseorang untuk mendaftar kerja di berbagai tempat karena tidak terpenuhinya syarat awal pendaftaran kerja misalnya minimum IPK 3,00. Namun sayangnya, prestasi di sekolah hanya mampu mengantarkan seseorang di gerbang kesuksesan saja. Jalan kesuksesan selanjutnya sangat ditentukan oleh kemampuan softskill yang dimiliki seperti kemampuan komunikasi, bekerja sama dalam tim dan kegigihan untuk terus memperbaiki kemampuan diri.

Mitos 2: Kesuksesan Baru Bisa Diperoleh setelah Lulus Sekolah
              Menurut pendapat pribadi, paham ini kurang tepat. Kesuksesan ternyata bisa diperoleh bahkan sejak kalian masih berada di bangku sekolah. Masih kurang percaya? Banyak bukti kesuksesan yang berhasil diperoleh anak muda ketika mereka masih berada di bangku sekolah. Joey Alexander Sila memang baru berusia 13 tahun, tapi kemahirannya memainkan instrumen piano mampu mengantarkannya ke berbagai pentas di mancanegara. Bahkan ia memperoleh nominasi Grammy (penghargaan tinggi di dunia musik) dan berkesempatan sepanggung bareng dengan penyanyi terkenal seperti Taylor Swift, Adele dan Bruno Mars.
Selanjutnya ada juga bukti kesuksesan di bidang bisnis. Nama Almeyda Nayara mungkin terdengar asing di telinga. Namun “Naya Slime”, permainan interaktif seperti malam yang bisa memicu kreatifitas anak dengan beragam warna yang menarik, pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Berkat kepiawaiannya memproduksi slime, Naya mampu memperoleh penghasilan tambahan hingga  Rp25 juta per bulan.
Di zaman sekarang, kesuksesan bisa diperoleh oleh siapa saja yang mau konsisten berusaha dan berdoa terlepas usia ataupun latar belakang yang dimiliki. Kemajuan teknologi saat ini memudahkan arus informasi bagi siapa saja yang mau mencari informasi di dunia digital internet. Jika dahulu orang tua dan kakek- nenek  kita perlu mendatangi perpustakaan dan membuka berbagai buku untuk memperoleh informasi, sekarang kita hanya perlu mengetik beberapa kata di laman google untuk memperoleh informasi tersebut hanya dalam hitungan menit. Sekarang ini, semua mungkin dicari dan dipelajari asalkan kita mau dan konsisten menekuninya.
Dari dua kisah sukses yang di atas, diperoleh dua kesamaan pola yang dapat diambil hikmahnya. Pertama adalah cari bidang yang kalian gemari. Ketekunan untuk terus mempelajari satu bidang memperlukan tekad yang kuat. Untuk itu, kita harus menggemari bidang yang akan ditekuni agar bisa terus termotivasi belajar dan memperbaiki diri di bidang tersebut.  Kedua adalah konsistensi untuk terus memperbaiki diri. Kesuksesan yang diperoleh Joey dan Naya tidak muncul dalam waktu sehari dua hari. Mereka terus konsisten berlatih di bidang kegemaran masing- masing selama bertahun- tahun. Joey misalnya telah berlatih piano sejak usia 6 tahun. Nominasi Grammy yang diperolehnya bulan Februari 2016 silam merupakan buah kerja keras yang telah dilakukannya selama 7 tahun lamanya. Pesan terakhir, jangan lupa untuk terus berdoa kepada Tuhan YME karena kuasa-Nya turut menentukan kapan kesuksesan akan datang menghampiri.
Jadi di perayaan hari Anak Nasional ini, revolusi kesuksesan apa yang ingin kalian capai di masa muda? Karena tidak ada yang tidak mungkin asalkan mau konsisten berusaha dan berdoa.


#SejakMudaCerdasFinansial #EarningMyOwnMoney

No comments:

Post a Comment